Rabu, 17 Juli 2019

Pertemuan 13: Pricing Decision and Cost Management

Pertemuan 13: Pricing Decision and Cost Management

Faktor utama yang memengaruhi penentuan harga

1. Pelanggan
Memengaruhi penentuan harga dari segi permintaan, menentukan berapa barang yang akan laku terjual pada harga tertentu.

2. Kompetitor
Memengaruhi penentuan harga melalui tindakan. Berapa harga yang ditetapkan oleh produsen lain akan memengaruhi penentuan harga dalam suatu perusahaan.

3. Biaya
Memengaruhi penentuan harga dari segi penawaran terkait dengan biaya produksi. Harga suatu produk biasanya berbanding lurus dengan total biaya produksinya.

4. Pembobotan faktor pelanggan, kompetitor, dan biaya
a. Perfectly Competitive Market
Pada Perfectly competitive market, satu elemen dalam pasar, misalnya satu penjual tidak memiliki kendali untuk memengaruhi harga di pasar. Sebaliknya, penjual tersebut harus menerima harga pasar. Apabila penjual tersebut mematok harga yang lebih tinggi, maka barangnya tidak akan laku karena pelanggan lebih memilih membeli dari banyak penjual lainnya. Jika penjual mematok harga lebih rendah daripada harga pasar, maka akan terjadi underproduction karena satu penjual tidak akan dapat memenuhi permintaan seluruh pelanggan. Selain itu, juga terdapat risiko memeroleh laba yang sedikit, break-even, atau bahkan rugi.
b. Less competitive market
Pada less competitive market, ketiga fator memengaruhi penentuan harga, karena jumlah penjual lebih sedikit, sehingga jumlah masing-masing penjual yang sedikit itu lebih dapat memengaruhi pasar. Pelanggan punya lebih sedikit pilihan ketika ingin beralih penjual. Tiap perusahaan lebih dapat mengamati strategi kompetitor, biaya juga lebih berpengaruh terhadap harga.
c. Competition lessen even more
Yang lebih berpengaruh adalah keinginan membeli konsumen, bukan cost atau kompetitor, karena semakin mendekati monopoly market.
d. Monopoly market
Dalam monopoly market, hanya terdapat satu penjual, sehingga harga dapat ditentukan dengan bebas tanpa mempertimbangkan kompetitor. Pelanggan juga tidak punya pilihan penjual lain. Harga dapat ditentukan untuk menghasilkan tingkat laba berapa pun yang dinginkan terhadap biaya.

Long-Run Pricing (Penentuan Harga Jangka Panjang)

Manajer lebih memilih harga yang stabil untuk jangka panjang dengan alasaan:
1. Mengurangi biaya pengawasan secara berkala
Jika suatu harga telah ditetapkan untuk jangka panjang, diharapkan harga tersebut dapat
stabil menghasilkan laba dan menutup rugi dalam jangka panjang. Sedikit penyesuaian yang
dibutuhkan untuk menentukan harga dan mengubahnya. Di sisi lain, perubahan harga yang
terus menerus akan menimbulkan biaya, contohnya biaya untuk peneyesuaian di daftar
harga, biaya untuk memberitahukan harga yang baru, dan lain-lain.

2. Meningkatkan perencanaan
Harga yang stabil dalam jangka panjang dirumuskan melalui perencanaan yang matang
dengan memprediksi perkembangan pasar, paling tidak dalam jangka menengah.
Memprediksi kondisi pasar dalam jangka menengah akan menghasilkan perencanaan yang lebih stabil karena sudah mencakup fluktuasi pasar dalam jangka pendek yang mungkin terjadi selama periode jangka menengah tersebut. 

3. Membangun hubungan penjual-pembeli jangka panjang
Harga yang lebih stabil akan lebih menjamin hubungan dengan pelanggan dalam jangka
panjang karena tidak sering terjadi perubahan harga. Manajer harus dapat menganalisis permintaan konsumen dalam jangka panjang untuk menentukan berapa jumlah penawaran yang sesuai agar laku di pasar. Analisis tersebut harus mencakup direct cost (DM+DL) dan indirect cost (IDL+FOH). Manajemen menggunakan Alokasi Biaya (Cost Allocation) untuk mengidentifikasi cost yang benar-benar dibutuhkan (value added cost) dan biaya yang tidak benar-benar dibutuhkan (Non-Value Added Cost) untuk meminimalisir biaya suatu produk.

Sumber: LHP Pertemuan 14 D3 Akuntansi AP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan 13: Pricing Decision and Cost Management

Pertemuan 13: Pricing Decision and Cost Management Faktor utama yang memengaruhi penentuan harga 1. Pelanggan Memengaruhi penentu...